Siapa yang tidak suka promo, berbagai bonus atau hadiah. Sudah rumusan psikologisnya manusia menyukai promo bukan hanya kaum hawa tetapi juga kaum adam yang saat ini berlomba mencari Special Price.

 

Potongan Harga biasanya menjadi strategi pemasaran bagi pelaku bisnis apapun  bentuknya, namun biasanya masyarakat Indonesia lebih suka promo yang bentuknya langsung seperti potongan harga atau diskon meskipun hanya 10% sd 15%, hadiah atau bonus yang bentuknya beragam mulai dari tiket gratis dengan syarat dan ketentuan khusus, sampai yang berbentuk gift tertentu.

 

Berbagai maskapai penerbangan saat ini sudah menerapkan berbagai promo marketing untuk menarik penumpang menggunakan jasa penerbangannya. Hingga saat ini bepergian dengan moda transportasi pesawat sudah bukan lagi menjadi barang mahal.

Lalu hal apa saja yang menjadi alasan adanya fenomena tiket pesawat Murah ini? mari kita bahas bersama

1. Mendukung program Pariwisata daerah setempat.

Untuk memperkenalkan budaya dan keindahan wisata suatu daerah sudah pasti diperlukan peran serta dari berbagai pihak. Bukan hanya perhatian kepada destinasi wisatanya saja, kesadaran masyarakatnya dan sudah tentu akses menuju daerah tersebut. Untuk mempermudah akses dan memperkenalkan keindahan wisata suatu daerah tertentu pemerintah harus bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan agar menyediakan jasa penerbangan ke daerah destinasi wisata tersebut tentunya dengan harga yang terjangkau.

2. Bentuk kerjasama antara Maskapai penerbangan dengan pelaku bisnis

Saat ini pelaku bisnis Tours and Travel dan penyedia tiket perjalanan sudah bagaikan jamur di musim hujan jumlahnya sangat banyak dan terus bermunculan. Dari masing masing pelaku bisnis tersebut tentunya menerapkan strategi tersendiri untuk memperoleh keuntungan yang besar, salah satunya dengan bekerjasama dengan maskapai penerbangan.

 

Bagi kita para penumpang menikmati Tiket pesawat murah sebagai keuntungan dari hasil kerjasama tersebut. Bisa jadi harga tiket pesawat murah tersebut merupakan promo dari suatu maskapai penerbangan dengan syarat dan ketentuan jumlah pembelian dari suatu pelaku bisnis penyedia tiket. Atau bisa juga sebagian harga promo dikeluarkan oleh pelaku bisnis Tours and Travel dan penyedia tiket perjalanan sebagai sarana advertise atau iklan agar banyak calon penumpang tertarik dan akhirnya membeli tiket melalui bisnis yang dikelolanya.

1. Pilihan Waktu Terbang

Bagi Maskapai penerbangan tentunya sudah menganalisa traffic penerbangannya dari waktu ke waktu, mereka tentunya mengetahui kapan Peak Hour penerbangannya dan kapan banyak seat tidak terisi. Biasanya Peak Hour penerbangan terjadi pada hari libur nasional, tanggal merah dan akhir pekan.

Selain itu hari senin dikategorikan sebagai Peak Hour penerbangan karena biasanya banyak orang melakukan perjalanan bisnis di hari senin yang merupakan awal minggu. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa di waktu peak Hour penerbangan tersebut tidak ada yang namanya harga tiket pesawat murah.

2. Program Loyalty Maskapai Penerbangan kepada Pelanggan

Agar bisnis pengguna jasa penerbangan dari suatu maskapai penerbangan semakin bertambah tidak jarang promo Tiket Murah diberikan. Bentuknya bisa macam macam mulai dari membership, program marketing atau kupon undian. Tujuannya sudah jelas agar semakin banyak pelanggan yang loyal dan terus menggunakan jasa penerbangaan dari maskapai penerbangan yang bersangkutan.

Karena harga tiket murah yang bisa diberikan oleh suatu maskapai penerbangan tersebut biasanya sudah diperhitungkan dengan analisa yang sangat matang. Dan besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk Tiket pesawat murahtentu masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan jika maskapai tersebut kehilangan pelanggan dan harus mencari pelanggan baru kembali.